Wednesday, August 12, 2009

CARA EMAIL LEWAT PONSEL


CARA PRAKTIS BER-EMAIL LEWAT PONSEL
FASILITAS PRAKTIS MENGAKSES INTERNET VIA PIRANTI MOBILE

Perkembangan teknologi dewasa ini cukup pesat terutama dalam dunia internet, begitu banyak fasilitas yang di tawarkan. Namun sayang perkembangan teknologi dan beragam fasilitas tersebut belum bisa dipergunakan maksimal oleh user. Hal ini disebabkan karena perkembangan SDM yang belum setara dengan perkembangan teknologi saat ini. Akibatnya banyak user yang mengalami kebingungan untuk menggunakan fasilitas layanan internet. Berikut cara praktis untuk mengirim dan membuka e-mail lewat ponsel:
1) Jangan terpaku Email Client.
Tidak semua Ponsel berGPRS memiliki aplikasi e-mail client.meskipun ada, tidak lantas dapat langsung digunakan.Untuk menjaga kemungkinan gagal dalam men-setting, gunakan cara lain;
· Bagi pengguna Yahoo, silahkan mengakses
http://m.yahoo.com
· Bagi pengguna Google, silahkan mengakses http://m.google.com
Setelah anda mengakses akan keluar tampilan untuk masuk ke “mail”, kemudian masukan ussername (nama pengguna) dan password (sandi) anda.
2) Via Aplikasi
Selain menggunakan situs mobile, yahoo dan Gmail telah menyiapkan aplikasi yang memudahkan kita dalam mengakses layananya termasuk e-mail. Khusus pengguna google (Gmail) telah menyediakan aplikasi untuk mengakses email. Untuk layanan lainnya misalnya Google Maps, disediakan aplikasi terpisah dan aplikasi ini dapat di download via situs mobile-nya.
3) Via Aplikasi Pihak ketiga
Via Aplikasi Pihak Ketiga, sama mudahnya dengan aplikasi lain untuk mengakses e-mil. Nama Aplikasinya Mova Mail dimana aplikasi ini berbasis java dan dapat digunakan oleh bermacam merk dan seri ponsel yang sudah dilengkapi Java.Untuk menggunakan aplikasi ini anda diharapkan untuk membuat akun di Mova Mail. Sama halnya dengan membuat akun pada Yahoo dan Gmail. Mova Mail bisa anda dapatkan di
http://mobits.com/jad/. Ingat, akun yang anda buat harus berbeda dengan akun email yang sudah anda miliki.

Setelah proses pembuatan akun Mova Mail selesai, anda dapat men-setting Inbox dengan akun email yang anda buat. Disini ada tiga pilihan; POP3, IMAP, dan Webmail. Untuk lebih memudahkan anda, pilih Webmail dimana anda cukup memasukan alamat e-mail dan kata sandinya.

Bagaimana Cara mengirim e-mail?
Mudah saja, anda pilih “Compose e-mail” berikutnya akan muncul kolom “To”, Subject” dan kolom untuk mengirim surat. Isi alamat e-mail tujuan di kotak “To”, dan perihal surat dikolom “Subject” misalnya, Saran, Hai, Hallo, atau Penting dan lain-lain yang tentunya disuaikan dengan esensi surat yang mau anda kirim. Setelah anda selesai menulis surat pada kolom surat anda tinggal menekan “send” untuk mengirim surat/e-mail tersebut.
Selamat Mencoba!!!



No comments:

Post a Comment

Mengijinkan Komentar Anda