Monday, August 17, 2009

FASILITASCHATTINGBISABERBAGILOKASIDANNGEDATE



CHATTING BISA NGEDATE?
FASILITAS CHATTING BISA BERBAGI LOKASI & KOPI DARAT

Chatting? Ya, kegiatan ini hampir semua pengguna ponsel/PC meluangkan waktu untuk melakukan obrolan di dunia maya, alasanya klasik untuk sekedar mencari sahabat, berkenalan, curhat, berbagi informasi dan lain sebagainya. Bahkan berawal dari chatting, dapat berakhir ke pertemuan langsung atau istilah kerennya “ngedate” atau “kopy darat”. Tidak sedikit yang memulai persahabatan dari ke”isengan” tadi, bahkan ada yang menemukan jodoh didunia maya tersebut.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat misalnya ponsel yang dilengkapi dengan fitur GPS (GlobalPostioning System), tidak hanya sekedar menawarkan fasilitas ngobrol/chatting semata namun bisa juga menginformasikan lokasi riil user atau lawan bicara kita. Jadi bisa langsung kopi darat, lewat dukungan navigasi GPS yang dimiliki.

Salah satu ponsel yang sangat familiar adalah Nokia yang dilengkapi dengan fasilitas “Nokia Chat” layanan chatting unik yang mampu menyuguhkan “kepiawaian” tadi. Selain terintegrasi dengan GPS plus Nokia Map, aplikasi ini memiliki keunggulan dari sisi tampilan seperti memaparkan status, avatar hingga uptodate lokasi terakhir secara berkala.

Aplikasi ini untuk sementara masih bersifat beta (trial), jadi bisa didownload gratis. Ponsel Symbian S60 3rd edition yang sudah diuji coba aplikasi ini yakni Nokia N95 8GB, N95, N82, N81, N76, E71, E66, E51, 6290, 6120, classic dan 6110 navigator, Nokia E90 Communicator, 6124, 6121 classic dan 5700 XpressMusic pun dimungkinkan bisa.

Mungkin anda penasaran ingin mencoba? Berikut beberapa langkah yang bisa anda tempuh:
1. Langkah 1
Buatlah akun di web Nokia. Caranya buka alamat situs
http://account.nokia.com/acct/accctLogin, lalu click “new account”. Isi data-data yang diminta, dan bila sudah klik box Complate registration.

2. Langkah 2
· Download aplikasi Nokia chat dan Nokia Internet service support package di alamat situs
http://nds1.nokia.com_internet_service_support_package_1.05.SIS
· http://nds1.nokia.com/files/support/global/phones/software/Nokia_chat_1.0_BETA_1_build3.sis

3. Langkah 3
Jalankan aplikasi Nokia Chat. Pilih Sign in, kemudian masukan user ID dan password akun Nokia anda.lalu klik ok. Bila Ponsel memiliki port koneksi nirkabel lain semisal Wi-Fi, Anda bisa memanfaatkan akses point selain GPRS.

4. Langkah 4
Pada my status anda bisa merubahnya sesuai kondisi. Klik option>>my status. Ada my status (available, away, dll), status message personal hingga menambahkan foto avatar.
Untuk mengatur setingan koneksi, akun, personalisasi hingga presence ada option>>Settings. Nah, guna mengaktifkan pendeteksi lokasi maka pada Presence>>Location>>landmark broadcast>>ON. Interval uptodate broadcast bisa diatur sesuai selera.

5. Langkah 5

Guna mencari lawan chatting maka dijendela Nokia chat >>Option>>Add friends. Isi dengan ID teman/pengguna Nokia chat lain, lalu Search. Atau memanfaatkan fasilitas advance search untuk pencarian lebih detail. Bila sudah terdeteksi maka>> Add friends dan aplikasi akan mengirim request.

6. Langkah 6
Anda kini sudah bisa chatting dengan lawan (contoh: Ushi) atau nama lawan chatting yang lagi online di nokia chat. Klik pada ikon lawan. Selanjutnya akan muncul jendela chatting. Ketiklah obrolan yang akan dibicarakan dimulai dengan sapaan misalnya; hai, hallo, dll.

7. Langkah 7
Untuk mengirimkan lokasi dimana teman anda berada, anda tinggal memilih Option >>Send>>My Location.
Bila mana ingin menerima lokasi lawawan bicara, maka dijendela chat tinggal klik ‘open’ link lokasinya dan bakal terhubung ke Maps (peta). Bila liksainya terjangkau dan ingin jumpa darat, tinggal.
Andapun bisa mengirim peta lokasinya ke ponsel lain via fasilitas MMS, Bluetooth dll. Tinggal klik>>Send.
Disini andapun bisa menentukan lokasi tempat janjian ketemuan/ngedate/kopi darat. Mengasyikan bukan?

Dan sekarang selamat mencoba!!!





No comments:

Post a Comment

Mengijinkan Komentar Anda