Monday, August 17, 2009

CARAMEMILIHKARTUMEMORYSTNDARDINTERNASIONAL

KARTU MEMORI STANDARD INTERNASIONAL
PERSAINGAN KUALITAS PRODUK KARTU MEMORI

Persaingan kualitas produk saat ini sangat pesat sehingga para pengembang bersaing untuk meningkatkan kulitas produknya, agar mampu merebut minat konsumen yang ingin menggunkan kartu memori. Kompetisi persaingan menciptakan produk yang handal dan berkualitas memberi keuntungan tersendiri bagi konsumen, karena prinsip dasar dari ekonomi apabila semakin banyak jumlah pilihan barang dipasaran maka, secara otomatis pengembang menurunkan harga jual produk dengan kulitas yang terbaik. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri bagi konsumen karena bisa mendapatkan banyak pilihan barang dengan kulitas produk yang semakin bagus dengan harga yang berasaing pula.

Akan tetapi persaingan pasar juga akan berakibat sebaliknya bagi konsumen. Terutama dalam hal standarisasi produknya. Jika semakin banyak perusahan yang mengembangkan produk sejenis maka akan ada banyak standart produk yang digunakan, dan biasanya setiap perusahan pengembang produk seolah menimbulkan kesan “memaksakan” agar produk buatannya diminati konsumen. Sebagai contoh kita bisa melihat yang saat ini sedang terjadi dimana terjadi “perang” format antara HD-DVD dan Bluray yang sama-sama mengembangkan produk sejenis, dimana akhirnya “perang” format tersebut dimenangkan oleh Bluray.

Akibat adanya polemik “Perang” format ini sehingga menimbulkan keraguan bagi konsumen untuk menggunakan kartu memori yang tepat yang kualitas produknya sesuai stndart internasional. Untuk itu marilah kita teliti dulu sebelum memutusksn untuk membeli dan menggunakan sebuah produk dalam hal ini kartu memori. Ada empat macam format kartu memori yang sudah sesuai dengan standar internasional. Sedangkan kartu memori jenis lain adalah merupakan variasi atau pengembangan dari keempat kartu memori yang utama.e empat macam format kartu memori yang autama adalah :

1. Compact Flash (CF)
CF merupakan salah satu tipe memori yang pling awal muncul.
Nama produk : Compact Flash
Kekurangan : tidak memiliki varian bentuk.
Keunggulan : memiliki daya tahan paling tinggi
Produk ini masih sangat populer di pasaran sampai saat ini.

2. Memory Stick

Nama Produk : Memory Stick.
Pengembang : Sony
Keunggulan : Memiliki beberapa varian;
- Memory Stick Pro
- Memory Stick Pro Duo
- Memory Stick Micro
-
3. Secure Digital (SD)
Nama produk : Secure Digital
Keunggulan : Tipe ini paling banyak digunakan untuk Handphone.
Beberapa varianya :
- Mini SD
- Micro SD
Tipe memori ini sangat populer di pasaran.

4. Extreme Digital (xD)
Nama Produk : Extreme Digital
Pengembang : Olympus dan Fuji Film.
Keunggulan : Produk ini banyak digunakan pada kamera digital dari kedua produsen tersebut.
Selain keempat tipe utama diatas ada pula kartu memori jenis lain yaitu Multi Media Card (MMC). Varianya antara lain:
- Reduced Size MMC (RS-MMC)
- MMCmobile
- MMCmicro.

Nah, Setelah kita mengenal bebagai jenis dan tipe kartu memori yang ada dipasarn, diharapkan agar konsumen tidak kebingungan dalam memilih produk yang berkualitas dan berstandar internasional.
Semoga tips ini dapat membantu anda dalam menentukan pilihan. “TELITI DULU SEBELUM MEMBELI”.

No comments:

Post a Comment

Mengijinkan Komentar Anda