Wednesday, August 12, 2009

CARAINTERNET MENGGUNAKAN MODEM CDMA



INTERNET MENGGUNAKAN MODEM PONSEL CDMA
BAGAIMANA MENGUKUR KUALITAS KINERJA MODEM CDMA SEBELUM MEMBELI?

Untuk mengakses internet via PC atau Laptop dengan akses yang cepat dan tidak mudah terputus saat online bergantung pada pemilihan modem yang hendak anda pakai atau yang sedang anda pakai. Khusus buat anda yang hendak membeli modem hendaknya terlebih dahulu anda memeriksa atau mencoba kinerja dari modem tersebut sebelum anda memutuskan untuk membelinya.
Bagaimana cara untuk mengukur kualitas kinerja dari modem?
Untuk pekerjaan yang satu ini tentunya membutuhkan software khusus, dan software yang dimaksud tersebut salah satunya adalah PassMark Modem Test.
Untuk mengaplikasi software ini Anda bisa mendapatkan dalam situs web
http://passmark.com/products/modemtst.htm .
Cara mengetest kulitas kinerja modem dengan software tersebut dapat digunakan dua metode:
1. Metode pertama
Metode pertama, menggunakan dua jaringan telepon dan dua modem dalam satu konfigurasi master/slave. Master akan mendial nomor telepon yang ada di slave modem dan setelah terhubung, data paket akan saling bertukar antara master dan slave.
2. Metode kedua
Metode kedua, menggunakan satu modem saja tanpa jalur telepon. Respon lokal dilakukan pada issi analog dari modem, software Modem Test kemudian akan mengirimkan paket data yang akan terpantul kembali ke modem.

Pada kedua kasus tersebut Modem Test berkomunikasi dengan modem menggunakan sebuah Com Port (dalam modem internal atau USB modem, ini adalah sebuah Com Port virtual dan bukan merupakan port fisik yang ada mesin)
Sebelum mengirimkan data, Modem Test akan memberikan setingan serial port kemudian modem itu sendiri . Setiap data yang diterima akan diverifikasi bahkan itu telah lengkap dan tanpa gangguan.

Sebuah catatan hasil test akan tersimpan pada kolom palin kanan window. Tiap aktivitas yang berbeda akan diberi warna yang berbeda pula. Setiap ada kesalahan (error) akan ditunjukan dengan warna merah. Catatan ini kemudian bisa disimpan di PC. Menggunakan opsi file transfer, Modem Test juga akn membantu testing modem dengan lebih terpercaya jika dibandingkan dengan standar ITU v.56. Sekarang kita menuju langkah-langkah untuk pengetesan:

1. Hubungkan ponsel CDMA Anda yang akan dijadikan sebagai modem. Jangan lupa pasang software PC suite-nya terlebih dulu agar proses instalasi drivernya lebih mudah. Kemudian jika sudah dihubungkan ke PC, periksa apakah modem tersebut sudah terpasang dengan baik. Caranya masuk ke menu “Control panel” >”Phone and Modem Option”> lalu pilih tab “Modem”. Pada contoh kasus ini semisal menggunakan modem ponsel Samsung.

2. Pasang software Modem Test yang sudah anda download. Sebelum melanjutkan pada proses pengetasan, pilih “Config” untuk memastikan setingan port-nya sudah benar. Jika modem Samsung terdetksi di Com Port 5, lalu isi “ Phone Number” dengan #777.

Sekarang pengetesan siap dilakukan. Coba pilih test untuk Local Diagnostic (diagnosa lokal), kemudian klik ”start”. Disini diketahui modem tersebut tidak mendukung Loop back. Jadi kita pakai cara yang kedua dengan memilih “Master”. Untuk hasilnya anda bisa melihat pada kolom warna biru muda dan warna ungu yang tampilpada PC anda.
Nah bagaimana menurut anda? Mudah Bukan? Untuk membuktikannya silahkan mencoba!!!

No comments:

Post a Comment

Mengijinkan Komentar Anda